Menimba Onda Onde (Meningkatkan Minat Baca Melalui Program Inovasi One Day One Page) merupakan program inovasi yang dimiliki oleh SDN Kranggan 3 Mojokerto. Program ini bertujuan untuk menciptakan budaya literasi di lingkungan sekolah agar menumbuhkan minat baca siswa, meningkatkan kemampuan literasi serta mampu mendorong siswa untuk menghasilkan karya-karya inovatif dalam bidang literasi. Adapun langkah startegis untuk mewujudkan hal tersebut adalah menciptakan lingkungan belajar yang literat dengan membuat suasana yang nyaman untuk membaca, memberikan waktu khusus untuk membaca, serta menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Guru juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan literat dengan memberi contoh yang baik dan mendukung ide-ide siswa yang muncul dari kegiatan membaca.
“Inovasi Menimba Onda Onde merupakan langkah baru dalam meningkatkan minat baca siswa. Dengan adanya aplikasi web ini, kami dapat memantau aktivitas baca siswa secara efektif dan memberikan umpan balik yang lebih luas”, ujar Kepala SDN Kranggan 3 Mojokerto. Program Menimba Onda Onde terbagi dalam 3 bagian, yakni Jurnal Digital Membaca One Day One Page, Galeri Karya Siswa, serta Buku Kunjungan Digital. Program ini melibatkan peran guru, orang tua, serta masyarakart luas dalam pelaksanaannya. Dengan kolaborasi yang baik, maka upaya untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa dapat tercapai dengan lebih baik.
Sebagai sekolah yang peduli terhadap kemajuan pendidikan dan literasi, SDN Kranggan 3 Mojokerto terus berkomitmen untuk mengembangkan inovasi dan program-program yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa dan masyarakatnya. Semoga inovasi dari SDN Kranggan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya meningkatkan literasi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *